PROPOSAL PENGADAAN KOMPUTER



PENGADAAN KOMPUTER 

SMK ASY- SYAFI’IYAH AIR TIRIS

KEC. KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

A.    PENDAHULUAN
Kemajuan pembangunan diberbagai sektor kehidupan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dewasa ini masyarakat semakin selektif menentukan lembaga pendidikan yang diminatinya, apakah lembaga pendidikan yang dipilihnya dapat menjanjikan masa depan ?
Seiring dengan itu, peningkatan mutu pendidikan merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik sebagai pribadi maupun sebagai modal dasar pembangunan bangsa. Dalam upaya untuk meningkatkan mutu tersebut, pemerintah sudah berusaha melakukan berbagai inovasi terhadap program pendidikan antara lain :
1.     Penympurnaan kurikulum
2.     Peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan
3.     Pengadaan buku / bahan ajar
4.     Peningkatan manajemen pendidikan
5.     Peningkatan sarana-prasarana pendidikan
Walaupun pemerintah sudah melaksanakan inovasi tersebut, namun belum semua lembaga pendidikan yang tersentuh karena mengingat anggaran pemerintah yang tersedia tidak seimbang dengan kegiatan yang dilaksnakan oleh pemerintah itu sendiri.
Atas dasar inilah, kami menyampaikan kepada Bapak keadaan SMK kita yang telah berdiri semenjak tahun 2001, saat ini SMK kita telah membuka 2 program keahlian yakni tata busana dan teknik komputer jaringan. Sampai saat ini khusus program keahlian teknik komputer jaringan belum memiliki labor komputer yang representatif hanya memeliki 7 unit komputer yang seken pintium II. Untuk itu kami sangat mengharapkan Bapak gubernur kiranya dapat membantu sekolah kita demi terwujudnya program pemerintahan propinsi Riau yakni K2I yang merupakan misi kita bersama. Maka dengan ini kami mohon kepada Bapak Gubernur agar kiranya dapat mengabulkan permohonan ini guna melengkapi sarana-prasarana berupa pengadaan labor komputer yang standar.

B.    PROFIL SEKOLAH

I.     IDENTITAS SEKOLAH

1.   Nama Sekolah                              : SMK Asy- Syafi’iyah Air Tiris
       Nomor Statistik Sekolah                : -
       Alamat Sekolah                            :
Propinsi                                  : Riau
Kabupaten                              : Kampar
Kecamatan                             : Kampar
Kelurahan                               : Air Tiris
Jalan                                      : Lintas Pekanbaru – Bangkinang Km. 50 Air Tiris
Kode Pos                                : 28461
Telepon/Hp.                           : 0762- 323417 / 081365674422


II.   IDENTITAS KEPALA Sekolah

1.     Nama                                           : H. M. YUNUS, BA
2.     Tempat/Tanggal Lahir                   : Naga Beralih, 00-00-1940
3.     Pendidikan Terakhir                      : D.3 IAIN Susqa Pekanbaru
4.     Jurusan/Program Studi                   : PAI

III. PROFIL  TAMATAN (3 TAHUN TERAKHIR)

Tahun Pelajaran
Tamatan (%)
Rata-rata NEM
Siswa Yang Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi (%)
Jumlah
Target
Hasil
Target
Jumlah
Target
2003/2004
13
100%
5,12
100%
08
68.29%
2004/2005
21
100%
5,70
100%
12
75,75%
2005/2006
33
100%
6,14
100%
21
51,72%

IV.  RASIO PENERIMAAN SISWA (3 TAHUN TERAKHIR)

Tahun Pelajara
Jumlah Siswa
Pendaftaran
Diterima
Persentase yang diterima
2004/2005
33
33
100 %
2005/2006
6
6
100 %
2006/2007
21
21
100 %
2007/2008
73
73
100 %

V.    KEADAAN GURU

Ijazah Terakhir
Status Kepegawaian
Guru PNS
Honor Kontrak
Honor Sekolah
S3/S2

-
1
S1
1
10
3
D3


1
D2/D1/SLTA


1
Jumlah
1
10
6

VI.    SARANA DAN PRASARANA

No.
Jenis Ruangan
Jumlah
Luas (m2)
Kondisi
Keterangan
Baik
Rusak
1.
Ruang Kepala
-
-


Kebutuhan mendesak
2.
Ruang Guru
-
-


Kebutuhan mendesak
3.
Kelas / Teori
8
576

Baru dibangun
4.
Laboratarium
-
-
-
-
Kebutuhan mendesak

a. Lab. IPA
-
-


Kebutuhan mendesak

b. Lab. Komputer
-
-


Kebutuhan mendesak

c. Lab. Bahasa
-
-


Kebutuhan mendesak
5.
Perpustakaan
-
-


Kebutuhan mendesak
6.
Keterampilan
-
-


Dibutuhkan
7.
Kesenian
-
-


Dibutuhkan
8.
Olahraga
-
-


Dibutuhkan
9.
IRM/OSIS
-
-


Dibutuhkan
10.
Ibadah
1
300

Dibutuhkan

 

VII.    KONDISI ORANG TUA

Pekerjaan
Jumlah %
Pegawai Negeri Sipil
8
TNI/ POLRI
-
Karyawan Swasta
10
Petani
70
Pedagang
10
Nelayan
-
Lain-lain
2

Penghasilan Perbulan (Rp.)
Jumlah %
< 1.000.000
50
1.000.000 – 1.500.000
25
1.000.000 – 2.000.000
15
2.000.000 – 2.500.000
10
2.500.000 – 3.000.000
-
> 3.000.000
-



Tingkat Pendidikan
Jumlah %
SD/ Sederajat
10
SLTP/ Sederajat
40
SLTA
35
Perguruan Tinggi
15

VIII.              BUKU PERPUSTAKAAN

Buku Pegangan Guru
Buku Teks Siswa
Buku Penunjang
Jumlah Judul
Jumlah
Eksemplar
Jumlah Judul
Jumlah
Eksemplar
Jumlah Judul
Jumlah
Eksemplar
5
36
15
125
15
40

IX.  SARANA PENDUKUNG PROGRAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN/LISTRIK

a.     Daya Listrik Sekolah       : 1.300 KWh
b.     Kondisi Listrik                : Hidup siang malam
c.     Guru yang mengelola komputer 3 orang :
1.     Guru bidang studi    : KKPI
2.     Guru bidang studi    : TKJ
3.     Guru bidang studi    : Produktif

X.      POTENSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG DIHARAPKAN DAPAT MENDUKUNG

a.     Dukungan dari Tokoh-tokoh Tarbiyah
b.     Perusahaan-perusahaan besar yang peduli dengan lingkungan
c.     Dukungan Tokoh-tokoh masyarakat
d.     Dukungan dari Pemda Kampar
e.     Dukungan dari Pemda Prop. Riau

C.    Analisa SWOT

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  sudah pasti menginginkan pendidikannya berkualitas. Kelemahan selama ini perlu adanya penganalisaan yang cukup matang sehingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  ke depan benar-benar berdaya guna. Analisa yang dipakai adalah Analisa SWOT yaitu :
STRENGHT (Kekuatan) Sekolah
-          Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris sudah terakreditasi
-          Tenaga pendidik berpendidikan S.1 dan S.2
-          Stake Holder Sekolah komit untuk memajukan Sekolah
-          SDM pengelola pendidikan dari alumni S.1 dan S.2

WEAKNESS
-          Terbatasnya sarana-prasarana pendidikan
-          Pemberdayaan donasi belum maksimal
-          Manajemen Sekolah belum maksimal
-          Bimbingan dan Pelatihan tenaga pendidikan dan kependidikan kurang tersentuh
-          Penguasaan life skill belum terorganisir
-          Keagresifan pengurus dan stake holder lamban

OPPORTUNITY
-          Segmen pasar masih terbuka luas dan potensial
-          Peluang unit usaha untuk meningkatkan ekonomi sekolah terbuka
-          Peluang kerja sama (mitra kerja) dengan pihak-pihak lain cukup luas
-          Memaksimalkan tugas pokok stake holders ke depan
-          Belajar pola asrama penuh
THREAT
-          Memaksimalkan upaya internal dan eksternal Sekolah
-          Mismanajemen dalam pengelolaan Sekolah
-          Penegakan disiplin kerja civitas akademika
-          Pemaduan IMTAQ dan IPTEK dalam pembelajaran
-          Sistem kerja yang inovatif dan kreatif

D.    Program Sekolah

1.    Bidang Pendidikan
·         Meningkatkan mutu mengajar guru dan belajar siswa yang berwawasan nasional dan bertarap internasional.
·         Menguasai bahasa asing yang aktif dan edukatif sebagai modal bersaing
·         Meningkatkan kualitas kelulusan dan prestasi siswa secara totalitas
·         Menguasai IMTAQ dan IPTEK secara baik dan benar
·         Mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain baik dalam maupun luar negeri
·         Mengikutsertakan siswa magang ke luar negeri dan perusahaan ternama
·         Menghasilkan out put yang punya skill dan keterampilan terutama dalam menjahit
2.    Bidang Administrasi
·         Penataan administrasi secara baik dan benar
·         Meningkatkan kinerja tenaga administrasi dan tenaga kependidikan lainnya
·         Melengkapi administrasi dengan teratur
·         Menjadikan administrasi sekolah percontohan
3.    Bidang Fisik (Sarana–Prasarana)
·         Melengkapi bangunan gedung untuk kepentingan sekolah termasuk asrama dan perumahan pengasuh asrama
·         Melengkapi buku-buku paket dan bahan ajar lainnya
·         Melengkapi kebutuhan pustaka dengan lengkap
·         Melengkapi alat-alat praktek
·         Melengkapi kebutuhan listrik, air dan lahan sekolah
4.    Bidang Life Skill
·         Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  dalam memacu diri menghadapi era globalisasi melalui program kejuruan bekerjasama dengan pihak Kadinda Kampar dan Kadin Propinsi Riau dari berbagai jurusan dan dengan pihak lainnya
·         Membuka peluang untuk keterampilan lainnya
5.    Bidang Olahraga
·         Melengkapi sarana-prasarana olahraga
·         Membina dan melatih siswa-siswi yang berbakat di bidang masing-masing
·         Mengadakan pertandingan persahabatan dengan lembaga lain
·         Mengikuti kompetisi-kompetisi yang ada
6.    Laboratarium
·         Melengkapi semua laboratarium yang dibutuhkan sekolah
·         Melengkapi tenaga pembina labor yang profesional
·         Melengkapi alat-alat labor yang dibutuhkan

E.    Biaya Operasional Sekolah

Sumber pendanaan untuk operasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  saat ini baru pada tingkat pas-pasan. Tentunya masih jauh dari yang diharapkan, jadi perlu sekali upaya pengurus dengan sekolah mencari solusinya agar pendanaan (biaya) untuk operasional sekolah memuaskan.
Adapun sumber pendanaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  saat ini antara lain :
1.     Iyuran siswa                                                         :     Rp.   14.000.000,-/Tahun
2.     Sewa Toko                                                           :     Rp.     8.500.000,-/Tahun
3.     Uang Pembangunan siswa                                     :     Rp.    5.000.000,-/Tahun
4.     Subsidi Pemda Kampar                                          :     Rp.     8.500.000,-/Tahun
Total Sumber Dana SMK YAS tahun ini                          :     Rp.   36.000.000,-/Tahun
Sementara dana yang dikeluarkan untuk kesejahteraan guru dan Atk berjumlah Rp. 38.700.000,-/Tahun.
Ketekoran 2.700.000,-/Tahun.
Dari data diatas dapat di simpulkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris  baru bisa mengalokasikan dana hanya untuk biaya operasional semata yaitu:
1.     Honor pegawai
2.     ATK(alat tulis kantor)
Sedangkan biaya untuk melengkapi sarana dan prasaran pembelajaran sangat jauh dari yang diharapkan, terutama yang berhubungan dengan media pembelajaran termasuk labor komputer. Maka melalui proposal ini kami sangat mengharapkan bantuan Bapak Gubernur Riau dalam pengadaan labor komputer tersebut, demi kelancaran proses belajar mengajar terutama untuk program keahlian teknik komputer jaringan.
Perkiraan dana yang dibutuhkan dalam pengadaan komputer ini lebih kurang 20 unit komputer plus printer ditambah dengan infocus, dan lactop perkiraan menelan biaya lebih kurang Rp. 150.000.000,- terbilang seratus lima puluh juta rupiah.

F.    Penutup

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara Republik Indonesia ini. Hal ini dibuktikan dengn dituangkan dalam Undang-Undang Pendidikan, Undang-Undang Guru, Peraturan Menteri dan Peraturan Pemerintah. Kemudian bagi seluruh sekolah diberikan batas waktu oleh pemerintah sampai tahun 2012 nanti untuk berbenah diri sesuai dengan tuntutan UU.
Bilamana sekolah tidak mampu berbenah diri sampai pada waktu yang ditetapkan itu, maka sekolah dengan sendirinya akan tersingkir. Dalam rangka antisipasi inilah, diharapkan bantuan dari Bapak gubernur Riau untuk pengadaan komputer tersebut untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris. Semoga bantuannya menjadi amal sholeh, Amin.

Turut Bermohon :                                              Air Tiris, 1 April 2008
                 Pengurus Yayasan Asy- Syafi’iyah                      Kepala Sekolah   



                 H. A. ZAIDUN, SH                                           H. M. YUNUS, BA
                 K e t u a                                                            NIP. -                 

0 Response to "PROPOSAL PENGADAAN KOMPUTER "

Post a Comment