PENGADAAN KOMPUTER
SMK ASY- SYAFI’IYAH AIR TIRIS
KEC. KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR
A. PENDAHULUAN
Kemajuan
pembangunan diberbagai sektor kehidupan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM)
yang berkualitas. Dewasa ini masyarakat semakin selektif menentukan lembaga
pendidikan yang diminatinya, apakah lembaga pendidikan yang dipilihnya dapat
menjanjikan masa depan ?
Seiring dengan itu, peningkatan
mutu pendidikan merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas Sumber
Daya Manusia (SDM) baik sebagai pribadi maupun sebagai modal dasar pembangunan
bangsa. Dalam upaya untuk meningkatkan mutu tersebut, pemerintah sudah berusaha
melakukan berbagai inovasi terhadap program pendidikan antara lain :
1. Penympurnaan
kurikulum
2. Peningkatan
mutu guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan
3. Pengadaan
buku / bahan ajar
4. Peningkatan
manajemen pendidikan
5. Peningkatan
sarana-prasarana pendidikan
Walaupun
pemerintah sudah melaksanakan inovasi tersebut, namun belum semua lembaga
pendidikan yang tersentuh karena mengingat anggaran pemerintah yang tersedia
tidak seimbang dengan kegiatan yang dilaksnakan oleh pemerintah itu sendiri.
Atas
dasar inilah, kami menyampaikan kepada Bapak keadaan SMK kita yang telah
berdiri semenjak tahun 2001, saat ini SMK kita telah membuka 2 program keahlian
yakni tata busana dan teknik komputer jaringan. Sampai saat ini khusus program
keahlian teknik komputer jaringan belum memiliki labor komputer yang
representatif hanya memeliki 7 unit komputer yang seken pintium II. Untuk itu
kami sangat mengharapkan Bapak gubernur kiranya dapat membantu sekolah kita
demi terwujudnya program pemerintahan propinsi Riau yakni K2I yang merupakan misi
kita bersama. Maka dengan ini kami mohon kepada Bapak Gubernur agar kiranya dapat
mengabulkan permohonan ini guna melengkapi sarana-prasarana berupa pengadaan
labor komputer yang standar.
B. PROFIL SEKOLAH
I. IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama Sekolah :
SMK Asy- Syafi’iyah Air Tiris
Nomor
Statistik Sekolah : -
Alamat Sekolah
:
Propinsi
: Riau
Kabupaten
: Kampar
Kecamatan
: Kampar
Kelurahan : Air Tiris
Jalan :
Lintas Pekanbaru – Bangkinang Km. 50 Air
Tiris
Kode Pos :
28461
Telepon/Hp. :
0762- 323417 / 081365674422
II. IDENTITAS KEPALA Sekolah
1. Nama
:
H. M. YUNUS, BA
2. Tempat/Tanggal Lahir : Naga Beralih, 00-00-1940
3. Pendidikan Terakhir : D.3 IAIN Susqa Pekanbaru
4. Jurusan/Program
Studi : PAI
III. PROFIL TAMATAN (3 TAHUN TERAKHIR)
Tahun
Pelajaran
|
Tamatan
(%)
|
Rata-rata
NEM
|
Siswa
Yang Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi (%)
|
|||
Jumlah
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jumlah
|
Target
|
|
2003/2004
|
13
|
100%
|
5,12
|
100%
|
08
|
68.29%
|
2004/2005
|
21
|
100%
|
5,70
|
100%
|
12
|
75,75%
|
2005/2006
|
33
|
100%
|
6,14
|
100%
|
21
|
51,72%
|
IV. RASIO PENERIMAAN SISWA (3 TAHUN TERAKHIR)
Tahun
Pelajara
|
Jumlah
Siswa
|
||
Pendaftaran
|
Diterima
|
Persentase
yang diterima
|
|
2004/2005
|
33
|
33
|
100
%
|
2005/2006
|
6
|
6
|
100
%
|
2006/2007
|
21
|
21
|
100
%
|
2007/2008
|
73
|
73
|
100
%
|
V. KEADAAN GURU
Ijazah
Terakhir
|
Status
Kepegawaian
|
||
Guru
PNS
|
Honor
Kontrak
|
Honor
Sekolah
|
|
S3/S2
|
|
-
|
1
|
S1
|
1
|
10
|
3
|
D3
|
|
|
1
|
D2/D1/SLTA
|
|
|
1
|
Jumlah
|
1
|
10
|
6
|
VI. SARANA DAN PRASARANA
No.
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
|
Luas
(m2)
|
Kondisi
|
Keterangan
|
|
Baik
|
Rusak
|
|||||
1.
|
Ruang Kepala
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan
mendesak
|
2.
|
Ruang Guru
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan
mendesak
|
3.
|
Kelas / Teori
|
8
|
576
|
√
|
|
Baru dibangun
|
4.
|
Laboratarium
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kebutuhan
mendesak
|
|
a. Lab. IPA
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan mendesak
|
|
b. Lab. Komputer
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan mendesak
|
|
c. Lab. Bahasa
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan mendesak
|
5.
|
Perpustakaan
|
-
|
-
|
|
|
Kebutuhan mendesak
|
6.
|
Keterampilan
|
-
|
-
|
|
|
Dibutuhkan
|
7.
|
Kesenian
|
-
|
-
|
|
|
Dibutuhkan
|
8.
|
Olahraga
|
-
|
-
|
|
|
Dibutuhkan
|
9.
|
IRM/OSIS
|
-
|
-
|
|
|
Dibutuhkan
|
10.
|
Ibadah
|
1
|
300
|
|
√
|
Dibutuhkan
|
VII. KONDISI ORANG TUA
Pekerjaan
|
Jumlah
%
|
Pegawai Negeri Sipil
|
8
|
TNI/ POLRI
|
-
|
Karyawan Swasta
|
10
|
Petani
|
70
|
Pedagang
|
10
|
Nelayan
|
-
|
Lain-lain
|
2
|
Penghasilan
Perbulan (Rp.)
|
Jumlah
%
|
< 1.000.000
|
50
|
1.000.000 – 1.500.000
|
25
|
1.000.000 – 2.000.000
|
15
|
2.000.000 – 2.500.000
|
10
|
2.500.000 – 3.000.000
|
-
|
> 3.000.000
|
-
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
%
|
SD/ Sederajat
|
10
|
SLTP/ Sederajat
|
40
|
SLTA
|
35
|
Perguruan Tinggi
|
15
|
VIII. BUKU PERPUSTAKAAN
Buku
Pegangan Guru
|
Buku
Teks Siswa
|
Buku
Penunjang
|
|||
Jumlah
Judul
|
Jumlah
Eksemplar
|
Jumlah
Judul
|
Jumlah
Eksemplar
|
Jumlah
Judul
|
Jumlah
Eksemplar
|
5
|
36
|
15
|
125
|
15
|
40
|
IX. SARANA PENDUKUNG PROGRAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN/LISTRIK
a. Daya
Listrik Sekolah : 1.300 KWh
b. Kondisi
Listrik : Hidup siang malam
c. Guru yang mengelola komputer
3 orang :
1. Guru
bidang studi : KKPI
2. Guru
bidang studi : TKJ
3. Guru
bidang studi : Produktif
X. POTENSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG DIHARAPKAN DAPAT MENDUKUNG
a. Dukungan
dari Tokoh-tokoh Tarbiyah
b. Perusahaan-perusahaan
besar yang peduli dengan lingkungan
c. Dukungan
Tokoh-tokoh masyarakat
d. Dukungan
dari Pemda Kampar
e. Dukungan
dari Pemda Prop. Riau
C. Analisa SWOT
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris sudah pasti menginginkan pendidikannya
berkualitas. Kelemahan selama ini perlu adanya penganalisaan yang cukup matang
sehingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris ke depan benar-benar berdaya guna. Analisa
yang dipakai adalah Analisa SWOT yaitu :
STRENGHT
(Kekuatan) Sekolah
-
Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris sudah terakreditasi
-
Tenaga pendidik
berpendidikan S.1 dan S.2
-
Stake Holder Sekolah komit untuk memajukan Sekolah
-
SDM pengelola
pendidikan dari alumni S.1 dan S.2
WEAKNESS
-
Terbatasnya
sarana-prasarana pendidikan
-
Pemberdayaan donasi
belum maksimal
-
Manajemen Sekolah belum
maksimal
-
Bimbingan dan
Pelatihan tenaga pendidikan dan kependidikan kurang tersentuh
-
Penguasaan life
skill belum terorganisir
-
Keagresifan pengurus
dan stake holder lamban
OPPORTUNITY
-
Segmen pasar masih
terbuka luas dan potensial
-
Peluang unit usaha
untuk meningkatkan ekonomi sekolah terbuka
-
Peluang kerja sama
(mitra kerja) dengan pihak-pihak lain cukup luas
-
Memaksimalkan tugas
pokok stake holders ke depan
-
Belajar pola asrama
penuh
THREAT
-
Memaksimalkan upaya internal
dan eksternal Sekolah
-
Mismanajemen dalam
pengelolaan Sekolah
-
Penegakan disiplin
kerja civitas akademika
-
Pemaduan IMTAQ dan IPTEK dalam pembelajaran
-
Sistem kerja yang
inovatif dan kreatif
D. Program Sekolah
1.
Bidang
Pendidikan
·
Meningkatkan mutu
mengajar guru dan belajar siswa yang berwawasan nasional dan bertarap
internasional.
·
Menguasai bahasa
asing yang aktif dan edukatif sebagai modal bersaing
·
Meningkatkan
kualitas kelulusan dan prestasi siswa secara totalitas
·
Menguasai IMTAQ dan
IPTEK secara baik dan benar
·
Mampu bersaing
dengan lembaga pendidikan lain baik dalam maupun luar negeri
·
Mengikutsertakan
siswa magang ke luar negeri dan perusahaan ternama
·
Menghasilkan out put yang punya skill dan keterampilan
terutama dalam menjahit
2.
Bidang
Administrasi
·
Penataan
administrasi secara baik dan benar
·
Meningkatkan kinerja
tenaga administrasi dan tenaga kependidikan lainnya
·
Melengkapi
administrasi dengan teratur
·
Menjadikan
administrasi sekolah percontohan
3.
Bidang
Fisik (Sarana–Prasarana)
·
Melengkapi bangunan
gedung untuk kepentingan sekolah termasuk asrama dan perumahan pengasuh asrama
·
Melengkapi buku-buku
paket dan bahan ajar lainnya
·
Melengkapi kebutuhan
pustaka dengan lengkap
·
Melengkapi alat-alat
praktek
·
Melengkapi kebutuhan
listrik, air dan lahan sekolah
4.
Bidang
Life Skill
·
Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris
dalam memacu diri menghadapi era globalisasi melalui program kejuruan
bekerjasama dengan pihak Kadinda Kampar dan Kadin Propinsi Riau dari berbagai
jurusan dan dengan pihak lainnya
·
Membuka peluang
untuk keterampilan lainnya
5.
Bidang
Olahraga
·
Melengkapi
sarana-prasarana olahraga
·
Membina dan melatih
siswa-siswi yang berbakat di bidang masing-masing
·
Mengadakan
pertandingan persahabatan dengan lembaga lain
·
Mengikuti
kompetisi-kompetisi yang ada
6.
Laboratarium
·
Melengkapi semua laboratarium yang dibutuhkan sekolah
·
Melengkapi tenaga
pembina labor yang profesional
·
Melengkapi alat-alat
labor yang dibutuhkan
E. Biaya Operasional Sekolah
Sumber
pendanaan untuk operasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air
Tiris saat ini baru pada tingkat
pas-pasan. Tentunya masih jauh dari yang diharapkan, jadi perlu sekali upaya
pengurus dengan sekolah mencari solusinya agar pendanaan (biaya) untuk
operasional sekolah memuaskan.
Adapun
sumber pendanaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris saat ini antara lain :
1. Iyuran
siswa :
Rp. 14.000.000,-/Tahun
2. Sewa
Toko :
Rp. 8.500.000,-/Tahun
3. Uang
Pembangunan siswa :
Rp.
5.000.000,-/Tahun
4. Subsidi
Pemda Kampar :
Rp. 8.500.000,-/Tahun
Total Sumber Dana SMK YAS tahun ini : Rp. 36.000.000,-/Tahun
Sementara
dana yang dikeluarkan untuk kesejahteraan guru dan Atk berjumlah Rp. 38.700.000,-/Tahun.
Ketekoran
2.700.000,-/Tahun.
Dari
data diatas dapat di simpulkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Asy-
Syafi’iyah Air Tiris baru bisa
mengalokasikan dana hanya untuk biaya operasional semata yaitu:
1.
Honor pegawai
2.
ATK(alat tulis kantor)
Sedangkan biaya untuk melengkapi sarana dan
prasaran pembelajaran sangat jauh dari yang diharapkan, terutama yang
berhubungan dengan media pembelajaran termasuk labor komputer. Maka melalui
proposal ini kami sangat mengharapkan bantuan Bapak Gubernur Riau dalam
pengadaan labor komputer tersebut, demi kelancaran proses belajar mengajar
terutama untuk program keahlian teknik komputer jaringan.
Perkiraan dana yang dibutuhkan dalam
pengadaan komputer ini lebih kurang 20 unit komputer plus printer ditambah
dengan infocus, dan lactop perkiraan menelan biaya lebih kurang Rp. 150.000.000,-
terbilang seratus lima puluh juta rupiah.
F. Penutup
Dalam
meningkatkan kualitas pendidikan di negara Republik Indonesia ini. Hal ini dibuktikan
dengn dituangkan dalam Undang-Undang Pendidikan, Undang-Undang Guru, Peraturan
Menteri dan Peraturan Pemerintah. Kemudian bagi seluruh sekolah diberikan batas
waktu oleh pemerintah sampai tahun 2012 nanti untuk berbenah diri sesuai dengan
tuntutan UU.
Bilamana sekolah tidak
mampu berbenah diri sampai pada waktu yang ditetapkan itu, maka sekolah dengan
sendirinya akan tersingkir. Dalam rangka antisipasi inilah, diharapkan bantuan dari
Bapak gubernur Riau untuk pengadaan komputer tersebut untuk Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Asy- Syafi’iyah Air Tiris. Semoga bantuannya menjadi amal
sholeh, Amin.
Turut Bermohon : Air
Tiris, 1 April 2008
Pengurus Yayasan Asy-
Syafi’iyah Kepala Sekolah
H. A. ZAIDUN, SH H. M. YUNUS, BA
K e t u a
NIP. -
0 Response to "PROPOSAL PENGADAAN KOMPUTER "
Post a Comment